Kamis, 01 Maret 2012

YHWH (YAHweh) pada Buah Kalung Gulungan Perak 625 SM


Proper Name (Nama Diri) dari:


pada Buah Kalung Gulungan Perak 625 SM




Mengapa Penemuan ini begitu penting?
Pertama karena itu adalah kutipan paling awal dari Kitab Ibrani(Tanakh)/Bible yang pernah ditemukan, bahkan 400 tahun sebelum Penulisan Gulungan Laut Mati.

Proper Name (Nama Diri) dari:

yang di Sebut dan di Gelari sebagai:
El / Elohiym / Adonay / Kyrios / Theos / God /Lord / ImmanuEl / Gusti / Bapa di Surga /Bapa yang kekal / Raja segala raja /
Penasehat yang ajaib / yang maha Kuasa /Tuhan /  TUHAN / Tuhan Semesta alam yang di Sembah oleh Bani Israel
& Jemaat-Nya yang kudus.

Sangat Jelas tertulis ber-Ulangkali bahkan sampai tiga kali  Muncul pada buah kalung dari Lembaran perak ini, Sesuai dengan bentuk huruf yang di gunakan pada zaman itu 625 SM, yaitu Huruf Ibrani kuno.

Gulungan-gulungan asli ini sekarang dapat dilihat di 
Museum Israel di Yerusalem.

Penemuan arkeologi terbesar,
setelah gulungan Laut Mati, yaitu oleh arkeolog:
Gabriel Barkay  pada tahun 1979 di daerah Yerusalem.

dia melakukan penggalian pada kuburan gua tua di Ketef Hinom, periode tanggal pada akhir abad ke-7 SM, Periode waktu  dari Artefak-artefak yang di temukan pada kuburan  tersebut adalah sebelum penghancuran Yerusalem pada tahun 607 SM.

Didalam ruang makam / gua  kuburan  tersebut di  temukan sekitar seribu objek arkeologi, termasuk di didalamnya dua gulungan  buah kalung / jimat perak.

Ruang makam/kuburan gua tua tersebut adalah milik dari beberapa keluarga terkemuka Yerusalem, Semua benda-benda tersebut memungkinkan untuk menentukan umur gua.

Perhatikan Buah Kalung Di Bawah ini, yang mana nampak di tengah gulungan adalah lubang kecil, yang memungkinkan untuk di masukkannya benang / Kabel / serat tipis yang mungkin buah kalung / jimat perak ini dikalungkan di leher atau pergelangan tangan.


Unfolding / Pembukaan lipatan Buah Kalung Gulungan Perak ini sangatlah sulit karena usia, Buah Kalung lembaran  perak ini berukuran sekitar lebar 3cm dan 10 cm tinggi.

Mereka juga menemukan sebuah kitab terukir sangat halus, yang mana pada, Kedua gulungan berisi tentang teks yang sama: Yaitu:

Bilangan 6:24-26:
memberkati engkau dan melindungi engkau:
YHWH (YAHweh)
membuat wajahnya bersinar atasmu, dan kasih karunia kepadamu:
YHWH (YAHweh)
mengangkat wajah-Nya atasmu, dan kami memberi Engkau perdamaian.
(Bible)

Juga menarik adalah apa yang tertulis dalam ayat 27:

Dan mereka akan menaruh nama-Ku ke atas orang Israel, dan Aku akan memberkati mereka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

YHWH (YAHWEH) adalah Nama diri, dari Bapa Surgawi yang adalah Elohiym / Adonai / tuhan / Tuhan / TUHAN semesta alam yang disembah oleh Bani Israel & Jemaat-Nya yang kudus. BACA: Keluaran 3:15, YesaYAH 42:8