Jumat, 08 Juli 2011

Nama Elohiym israel yaitu YHWH = YAHWEH





Nama Elohiym israel yaitu YHWH = YAHWEH

   nama Suci Elohiym israel yaitu YHWH YAHWEH
 Berbagai Bukti Artefak Gulungan Suci yang tersimpan pada perpustakaan Gua-gua Qumran ber-tanggal dari koin-koin yang ditemukan di sana sama seperti koin-koin yang ditemukan diseluruh penjuru israel.. 
 Masyarakat Qumran berkembang dari akhir perang Makabe yaitu sebelum kelahiran YAHshua HaMashiach (Sebelum SM/Abad pertama masehi) sampai pada Kehancuran Bait suci/Bayit YHWH = YAHWEH (pada tahun 68-70 Masehi). Masyarakat Qumran adalah kaum Eseni atau Pengikut jalan lurus yang disebut Derek YHWH YAHWEH))
Penemuan dari berbagai artefak ini; Awalnya oleh seorang anak Badui bernama Muhammad al - Keziv, dia melemparkan batu di salah satu gua dengan harapan mengusir seekor kambing gembalaanya tetapi bukan suara kambing yang terdengar, melaingkan terdengar suara pecah tembikar setelah memeriksa ia menemukan fragmen guci anak berisi perkamen gulir ditulis dalam bahasa Ibrani seperti yang kita kenal sekarang sebagai "Dead Sea Scrolls" dan ini adalah awal dari penemuan perpustakaan-perpustakaan Gua masyarakat Qumran.. 
  
Selanjutnya pada penemuan yang menghebohkan dunia ini ditemukan semua buku-buku atau setidaknya hampir semua bagian dari kitab Tanakh/Alkitab (tidak termasuk kitab Ester) Salah satu Gulungan ditemukan di Qumran tertulis nama Suci Elohiym israel yaitu YHWH (YAHWEH) yang tertulis dalam aksara Ibrani Paleo
Salinan-salinan Suci abad ke-1 SM hingga 1 Masehi dari Masyarakat Qumran adalah bukti bahwa nama Elohiym israel yaitu YHWH(YAHWEH) tidak pernah hilang. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

YHWH (YAHWEH) adalah Nama diri, dari Bapa Surgawi yang adalah Elohiym / Adonai / tuhan / Tuhan / TUHAN semesta alam yang disembah oleh Bani Israel & Jemaat-Nya yang kudus. BACA: Keluaran 3:15, YesaYAH 42:8