Sabtu, 14 Mei 2011

Names of god YHWH = YAHWEH

Names of god YHWH = YAHWEH YAHshua.
25 Fakta Naskah Alkitabiah / gulungan Laut Mati bahwa:
Nasrani/Kristen harus berakar dalam Yudaisme/Messianik
Penemuan naskah Kitab Suci Tertua & terbesar di zaman modern 
http://www.imj.org.il/shrine_center/Isaiah_Scrolling/index.html 
http://www.imj.org.il/shrine_center/Temple_Scrolling/index.html 



DSS Jar Beberapa Gulungan Laut Mati ditemukan dalam stoples tembikar jenis ini. Fakta bahwa jenis jar ditemukan di gua-gua dan dalam penyelesaian di Qumran, dan tempat lain,  adalah bukti yang meyakinkan bahwa Naskah dan komunitas Qumran terikat bersama-sama.

Tinggi: 21.5 inci (54.8cm)
Diameter: 9,37 inci (24cm)
1.Gulungan Laut Mati ditemukan di gua-gua sebelas sepanjang barat laut pantai Laut Mati antara tahun 1947 dan 1956. Daerah ini 13 mil sebelah timur Yerusalem dan 1.300 meter di bawah permukaan laut. Teks kebanyakan terfragmentasi, diberi nomor sesuai dengan gua bahwa mereka keluar dari. Mereka telah disebut penemuan naskah terbesar di zaman modern

Cave 1
2. Gua Hanya 1 dan 11 telah menghasilkan naskah relatif utuh. Ditemukan pada tahun 1952, Gua 4 menghasilkan terbesar temukan. Sekitar 15.000 fragmen dari lebih dari 500 naskah yang ditemukan.
3. Dalam semua, sarjana telah mengidentifikasi sisa-sisa dari sekitar 825-870 gulungan terpisah.
4. Naskah dapat dibagi menjadi dua kategori-Alkitabiah dan non-alkitabiah. Fragmen dari setiap kitab kanon Ibrani (Perjanjian Lama) telah ditemukan kecuali kitab Ester.
5. Sekarang ada diidentifikasi antara gulungan, 19 salinan Kitab Yesaya, 25 salinan Ulangan dan 30 salinan dari Mazmur.
6. Nubuat oleh Yehezkiel, Yeremia dan Daniel tidak ditemukan dalam Alkitab ditulis dalam Naskah.
7. Naskah Yesaya, yang ditemukan relatif utuh, adalah 1000 tahun lebih tua daripada salinan sebelumnya dikenal Yesaya. Bahkan, gulungan adalah kelompok tertua manuskrip Perjanjian Lama yang pernah ditemukan.
8. Dalam Naskah ditemukan belum pernah dilihat disebabkan mazmur Raja Daud dan Yosua.
Torah 9.Ada tulisan nonbiblical sepanjang urutan komentar di PL, parafrase yang memperluas Hukum, aturan buku dari masyarakat, melakukan perang, syukur mazmur, komposisi hymnic, benedictions, teks liturgi, dan budiman (kebijaksanaan) tulisan.
10. Naskah-naskah tersebut sebagian besar ditulis dalam bahasa Ibrani, tetapi ada banyak ditulis dalam bahasa Aram. Aram adalah bahasa umum dari orang Yahudi di Palestina selama dua abad terakhir SM dan dua abad pertama Masehi Penemuan Gulungan telah sangat meningkatkan pengetahuan kita dari kedua bahasa. Selain itu, ada beberapa teks yang ditulis dalam bahasa Yunani.
11. Naskah Alkitabiah / gulungan Laut Mati tampaknya sebagai perpustakaan dari orang Yahudi. Perpustakaan ini tersembunyi di gua-gua di sekitar pecahnya Perlawanan Yahudi Pertama (66-70 AD) sewaktu tentara Romawi maju menyerang Yerusalem / penghancuran Bayit YHWH (YAHWEH).
12. Dekat gua adalah reruntuhan kuno Qumran. Mereka digali di tahun 1950-an dan tampaknya dihubungkan dengan gulungan.
13. Gulungan Laut Mati yang paling mungkin ditulis oleh Eseni selama periode dari sekitar 200 SM untuk 68 C.E. / A.D. Kaum Eseni disebutkan oleh Josephus dan dalam beberapa sumber lain, tetapi tidak dalam wasiat Baru. Kaum Eseni adalah taat Taurat yang ketat, Mesianik, apokaliptik, baptist, padang gurun, perjanjian sekte baru Yahudi. Mereka dipimpin oleh seorang imam mereka disebut "Guru Kebenaran," yang menentang dan mungkin dibunuh oleh pendirian imamat di Yerusalem.
14. Musuh-musuh masyarakat Qumran disebut "Anak-anak Kegelapan", mereka menyebut diri mereka "Anak-anak Terang," "orang miskin," dan anggota dari "Jalan YHWH (YAHWEH)". Mereka menganggap diri mereka sebagai "yang kudus," yang tinggal di "rumah kekudusan," karena "Roh Kudus" tinggal dengan mereka.
15. Kata-kata terakhir dari Yusuf, Yehuda, Levi, Naftali, dan Amram (ayah dari Musa) yang ditulis dalam Naskah.

Cave 4
16. Salah satu gulungan yang paling aneh adalah Copper Gulir. Ditemukan di Gua 3, gulir ini mencatat daftar 64 tempat persembunyian bawah tanah di seluruh tanah Israel. Deposito adalah untuk mengandung jumlah tertentu dari emas, perak, aromatik, dan naskah. Ini diyakini harta dari
Bayit YHWH (YAHWEH) di Yerusalem, yang disembunyikan untuk diamankan.
17. Gulir ke Candi, ditemukan di Gua 11, adalah terpanjang gulir. panjang tunai adalah 26,7 kaki (8,148 meter). Panjang keseluruhan dari gulir pasti sudah lebih dari 28 kaki (8.75m).
18. Gulungan berisi cerita yang sebelumnya tidak diketahui tentang tokoh Alkitab seperti Henokh, Abraham, dan Nuh. Kisah Abraham menyertakan penjelasan mengapa YHWH (YAHWEH) meminta Abraham untuk mengorbankan anaknya Ishak saja.
19. Gulungan yang paling sering dibuat dari kulit binatang, tetapi juga papirus dan satu tembaga. Mereka adalah ditulis dengan tinta berbasis karbon, dari kanan ke kiri, menggunakan tanda baca tidak ada kecuali untuk indentasi paragraf sesekali. Bahkan, dalam beberapa kasus, bahkan tidak ada spasi di antara kata-kata.
Section of the Psalms Scroll
Perhatikan Tulisan nama dari Elohim Israel yaitu YHWH (YAHWEH) pada baris Paling Kanan 1, baris 3 dstnya..
20. Para Naskah telah merevolusi kritik tekstual terhadap Perjanjian Lama. Menariknya, sekarang dengan manuskrip mendahului periode abad pertengahan, kita menemukan teks-teks dalam perjanjian substansial dengan teks Masoret serta banyak varian bentuk.
21. Beberapa Gulungan Laut Mati sebenarnya muncul untuk dijual pada tanggal 1 Juni 1954 di dalam Wall Street Journal. iklan itu berbunyi - "Empat Naskah Laut Mati: manuskrip Alkitab dating kembali ke setidaknya 200 SM akan dijual ini akan menjadi hadiah ideal untuk lembaga pendidikan atau keagamaan oleh seorang individu atau kelompok Kotak F206..."
22. Meskipun komunitas Qumran ada selama masa pelayanan YAHshua, tidak satupun dari Gulungan merujuk kepada-Nya, dan tidak menyebut pengikut-Nya yang dijelaskan dalam Perjanjian Baru.
23. Teks utuh besar, dari Gua 1 & 11, diterbitkan oleh akhir tahun lima puluhan dan sekarang disimpan di Vihara Buku museum di Yerusalem.
24. Sejak akhir tahun lima puluhan, sekitar 40% dari Naskah, sebagian besar fragmen dari Gua 4, tetap tidak dipublikasikan dan unaccessible. Tidak sampai tahun 1991, 44 tahun setelah penemuan Gulir pertama, setelah tekanan untuk publikasi mount, (bahwa akses umum sudah tersedia untuk foto-foto Naskah). Pada bulan November tahun 1991 foto-foto itu diterbitkan oleh Arkeologi Alkitab Masyarakat dalam edisi nonofficial, sebuah rekonstruksi komputer, berdasarkan konkordansi, diumumkan, sedangkan Perpustakaan Huntington berjanji untuk membuka file mikrofilm mereka semua gulir foto.
25. Gulungan Laut Mati meningkatkan pengetahuan kita tentang baik Yudaisme/Messianik dan Nasrani/Kristen. Mereka mewakili bentuk non-rabbinic Yudaisme dan memberikan kekayaan bahan perbandingan untuk sarjana Perjanjian Baru, termasuk kesejajaran penting banyak gerakan YAHshua. Mereka menunjukkan Nasrani/Kristen harus berakar dalam Yudaisme/Messianik dan telah disebut sebagai hubungan evolusi antara keduanya.
The rugged terrain of the Qumran area.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

YHWH (YAHWEH) adalah Nama diri, dari Bapa Surgawi yang adalah Elohiym / Adonai / tuhan / Tuhan / TUHAN semesta alam yang disembah oleh Bani Israel & Jemaat-Nya yang kudus. BACA: Keluaran 3:15, YesaYAH 42:8